Rabu, 24 Mei 2017

SEJARAH ILMU PENGOBATAN

SEJARAH ILMU PENGOBATAN

Salah satu Ilmu Penting yang sekarang banyak ditinggalkan oleh Umat Islam adalah Ilmu Pengobatan. Padahal banyak ilmu pengobatan berasal dari Islam.

Ilmu Pengobatan merupakan ilmu yang tidak lepas dari perhatian para ulama. Karena ilmu ini cukup penting. Jika para ulama adalah dokter hati maka para dokter dan tenaga kesehatan adalah dokter badan dan tidak sedikit ulama yang menjadi dokter hati sekaligus dokter badan.

Imam As Syafií Rahimahullah merupakan salah satu ulama yang memiliki perhatian terhadap ilmu pengobatan. Diantara perkataan beliau

لا أعلم علما بعد الحلال والحرام أنبل من الطب إلا أن أهل الكتاب قد غلبونا عليه.

“Saya tidak mengetahui sebuah ilmu -setelah ilmu halal dan haram- yang lebih berharga yaitu ilmu kedokteran, akan tetapi ahli kitab telah mengalahkan kita”

Beliau juga berkata,

إنما العلم علمان: علم الدين، وعلم الدنيا، فالعلم الذي للدين هو: الفقه، والعلم الذي للدنيا هو: الطب.

“Ilmu itu ada dua: ilmu agama dan ilmu dunia, ilmu agama yaitu fiqh (fiqh akbar: aqidah, fiqh ashgar: fiqh ibadah dan muamalah, pent). Sedangkan ilmu untuk dunia adalah ilmu kedokteran.”

Beliau juga berkata,

لا تسكنن بلدا لا يكون فيه عالم يفتيك عن دينك، ولا طبيب ينبئك عن أمر بدنك

“Janganlah sekali-kali engkau tinggal di suatu negeri yang tidak ada di sana ulama yang bisa memberikan fatwa dalam masalah agama, dan juga tidak ada dokter yang memberitahukan mengenai keadaan (kesehatan) badanmu.”

Lalu dari manakah sebenarnya awal mula ilmu pengobatan ini. ada yang mengatakan dari Arab, Mesir, Persia, Cina, Eropa, India, dan lain - lain,

Mari kita dengarkan Penjelasan tentang hal ini oleh Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji (Pemateri Thibbun Nabawi RODJA TV) di Aula Ma'had Al Ayman berikut :


https://youtu.be/DjdF2uodSh4

PANJI TV | PontianakMengaji.com
media dakwah sunnah khatulistiwa
------------------------------------------------------------
 💻 Repost & Edited                                                                                                                                            🌿Rumah Sehat Salsabila🌿

📱Konsultasi Kesehatan Herbal (Gratis) Via whatsap:  
+62 852-4642-1021


ctt : Mohon Maaf Suara kurang bagus ada kesalahan teknis perekaman

https://www.facebook.com/salsabilarumahsehat/?ref=bookmarks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RUMAH SEHAT SALSABILA

RUMAH SEHAT SALSABILA # Selayang Pandang # Alhamdulillah washala ala rasulillah nabiyina Muhammad shalallahu alaihi wa sallam &...